LAUNCHING INOVASI

Launching Inovasi yang di gelar pada 13 Desember 2022 merupakan penandatanganan komitmen pelaksanaan inovasi daerah oleh tiap Kepala OPD di ruang lingkup wilayah Kota Tanjungbalai. Kegiatan ini merupakan langkah awal dalam konsistensi mengimplementasikan ide-ide yang tertuang selama mengikuti proses penjaringan inovasi oleh tiap-tiap OPD yang berlangsung sejak 26 April Tahun 2022 pada Rapat Penjaringan Inovasi yang telah digelar sebelumnya.

Rapat di laksanakan di Aula Sutrisno Hadi Kota Tanjungbalai, dibuka langsung oleh Ibu Mariani, S.Si,M.Si selaku Seketaris Bappeda, dalam sambutannya beliau menyebutkan inovasi-inovasi yang telah di tetapkan oleh para OPD yang ada di Tanjungbalai. Diantaranya :

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Bapak Hartoto, S.IP., M.Si selaku Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara, Dalam sambutannya beliau mengapresiasi beberapa OPD yang telah berpartisipasi dalam memberikan inovasi, tidak hanya satu bahkan ada OPD yang memberikan 2 sampai  3 Inovasi. Terakhir yang lebih istimewa Bappeda sendiri sebagai penyelenggara kegiatan penjaringan dapat menyumbangkan 8 inovasi.

 

Semakin menarik beliau juga mengatakan langkah penjaringan inovasi ini sudah tergolong permulaan yang bagus, beliau berpesan melalui Bappeda agar perkembangan ini segera di pimpin. “Di era sekarang ini daerah harus melakukan inovasi termasuk di dalam era repormasi birokrasi  sebab sekarang itu telah bergeser dari repormasi internal menjadi repormasi tematik. Temanya ada 4 klaster Kemiskinan, Investasi, Digitalisasi, Stunting,  dan Inflasi yang disetujui”

“Inovasi-inovasi yang dilakukan harus mempunyai dokumentasi dengan memakai data base, inovasi juga harus dipimpin melalui bappeda dengan sosialisasi, pengembanangan, dan digitalisasi. Data-datanya dikumpulkan. Kemudian nantinya setiap pekerjaan akan diundang OPD mana yang lebih pro aktif itu lah yang akan mendapat penghargaan”.

Bapak walikota Tanjungbalai H. Waris Thalib, S.Ag., M.M juga turut hadir. Beliau memberikan tanggapan di era disrupsi sekarang ini mengharuskan pemerintah daerah untuk bekerja dengan cara-cara baru, tuntutan masyarakat untuk pelayanan public yang lebih cepat, mudah, murah dan pintar terus meningkat. “Pemerintah daerah di tuntut terus untuk melakukan terobosan kebijakan untuk menghadapi kondisi tersebut. Berinovasi dapat menjadi cara efektif dan berperan sebagai kata disappear dalam mengatasi berbagai hambatan”.

Beliau juga berpesan paling lama satu Januari agar telah melakukan action sosialisasi langsung kepada yang sudah memberikan inovasi ini. “Jangan tinggal di inovasinya atau hanya target memberikan saja tetapi tidak mengerjakan”.

Berikutnya acara dilanjutkan dengan bersama-sama menandatangi komitmen Kepala Perangkat Daerah untuk berinovasi bersama dengan Kepala Daerah. Hal ini sebagai bukti keseriusan pemerintah Kota Tanjungbalai beserta jajaran aparatur sipil negara untuk terus inovatif. “Satu OPD satu Inovasi demi keberhasilan pembangunan dan meujudkan Kota Tanjungbalai BERSIH”. Secara resmi launching Inovasi Kota Tanjungbalai pada Hari Selasa 13 Desember 2022 secara resmi di launching.

Acara launching ditutup dengan sesi foto Walikota Kota Tanjungbalai, bersama Bapak Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara, bersama Kepala Perangkat Daerah yang turut hadir.

 

 

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *